Pengembangan Multimedia Powerpoint Berisi Soal-Soal dan Pembahasan pada Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa Kelas X MIA SMA
Pengembangan Multimedia Powerpoint Berisi Soal-Soal dan Pembahasan
pada Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa Kelas X MIA SMA
ABSTRAK
Fatmawati, Agustin
2015. Pengembangan Multimedia Powerpoint Berisi Soal-Soal dan Pembahasan pada Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa
Kelas X MIA SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si., (II) Dr. H. Sutopo,
M.Si.
Kata Kunci: Multimedia Powerpoint, Soal dan Pembahasan, Suhu dan Kalor
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah
mengembangkan multimedia powerpoint berisi soal-soal dan pembahasan pada
materi suhu dan kalor untuk siswa kelas X MIA SMA. Penelitian pengembangan multimedia powerpoint berisi
soal-soal dan pembahasan pada materi suhu dan kalor untuk siswa kelas X MIA SMA merupakan jenis
penelitian dan pengembangan. Menurut Sugiyono (2013:409), penelitian dan
pengembangan memiliki 10 langkah. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari 10
langkah, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk,
4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk.
Validasi dilakukan oleh ahli terhadap produk multimedia powerpoint dan soal beserta pembahasannya. Uji
coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan siswa
terhadap multimedia powerpoint. Hasil dari
validasi dan uji coba terbatas digunakan untuk dasar revisi produk.
Berdasarkan
hasil validasi produk oleh validator
didapatkan nilai rata-rata 3,38. Ini
menujukkan bahwa produk multimedia powerpoint ini
valid. Berdasarkan hasil validasi soal dan pembahasan oleh validator didapatkan nilai rata-rata dari ranah
materi 3,77 dan 3,50
dari ranah konstruksi. Ini menujukkan bahwa soal dan pembahasan pada multimedia powerpoint ini valid.
Berdasarkan hasil uji coba terbatas oleh siswa
menyatakan bahwa produk menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar.
Kekuatan produk yang dikembangkan terletak pada latihan pemecahan masalahnya.
Produk yang dikembangkan fokus untuk melatih
kemampuan pemecahan masalah (problem
solving) siswa. Sehingga dalam multimedia powerpoint ini berisi soal-soal beserta
penyelesaiannya. Kelemahan produk berkaitan dengan pemecahan masalah adalah
variasi dan jumlah soal latihan yang dirasa kurang oleh peneliti, produk yang
dikembangkan tidak interaktif dan kesesuaian produk dengan pendekatan ilmiah
masih kurang. Selain itu efektivitas produk untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah peserta didik belum dapat diketahui, karena produk belum
diujikan penggunaannya dalam proses pembelajaran.
Comments
Post a Comment